Rabu, 07 Maret 2012

APA SIH YANG DI MAKSUD PAIRS DAN CATALYST CONVENTER

APA SIH YANG DI MAKSUD PAIRS DAN CATALYST CONVENTER

PAIR ( Pulsed-secondary AIR-injection System ) biasanya berada di lubang gas buang, dekat klep buang. Alat ini di pakai pada SUZUKI NEW SMASH 110, SUZUKI NEW SHOGUN 125, THUNDER tipe baru dan produk – produk terbaru dari SUZUKI. Cara kerja dari PAIR sendiri adalah menginjeksikan udara murni ke lubang gas buang, agar gas buang tidak terlalu pekat dan mencemari lingkungan. Alat ini sama sekali tidak menggangu kerja mesin, jadi salah besar apabila ada anggapan melepas PAIR akan menambah performa motor. Malah anda akan dianggap tidak mendukung Program LANGIT BIRU yang di canangkan Pemerintah.Dan pemasangan PAIR oleh pabrik SUZUKI mengacu pada peraturan pemerintah Indonesia tentang emisi gas buang sesuai standar EURO II.

CATALYST CONVENTER bekerja sebagai pengurai atau pemecah polutan agar molekul – molekul tidak saling menyatu yang di hasilkan karena pembakaran yang tidak sempurna.Letak dari CATALYST CONVENTER berada di perut knalpot MUFFLER atau SILENCER. CATALYST CONVENTER hanya menyaring gas buang, hasil pembakaran bensin dan udara. Bagaimana dengan timbal / timah hitam ( Pb ) apa juga bisa di saring oleh CATALYST CONVENTER ? jawabanya TIDAK, malah timbal dapat merusak komponen CATALYST CONVENTER. Oleh sebab itu motor yang ada CATALYST CONVENTER-nya mencantumkan di tanki motor Unledad Gasoline Only ( Hanya bensin tanpa timbal ), itu di maksudkan agar CATALYST CONVENTER tidak cepat rusak. Sekarang kita tanya pada penyedia bahan bakar di Indonesia ( PERTAMINA ) apakah sudah siap dengan bensin yang bebas timbal ?. CATALYST CONVENTER terbuat dari tiga lapisan. Pertama baja Stainless, berfungsi sekaligus dudukan. Lapisan kedua aluminium.Lapisan paling atas noble metal ( Platinum, Palladium, dan Rhodium ). Cara kerjanya begini, bensin murni tidak mengandung timah hitam ( Unledad ) mempunyai rumus kimia C8H18. Sedangkan udara murni terdiri dari Oksigen ( O2 ) dan nitrogen ( N2 ). C8H18 + 12,5O2 + 47N2 ( bensin dibakar oleh oksigen dan nitrogen ) apabila pembakaran dari motor anda menghasilkan pembakaran sempurna akan menghasilkan gas buang dengan rumus kimia 8CO2 + 9H2O + 47N2 nah tugas dari CATALIST CONVENTER adalah memecah susunan molekul kimia tadi, agar supaya gas buang yang akan di lepaskan ke udara bebas tidak berbahaya bagi manusia. Pembakaran sempurna tidak akan menghasilkan gas CO yang berbahaya bagi lingkungan, tetapi jangan kuatir CATALIST CONVENTER juga dapat mengkorversi gas CO menjadi Air (H2O), Hidrogen (H2) dan Karbon dioksida (CO2). Sudah dong khan…...!!!!

1 komentar:

  1. pada saat mengganti garpu shock depan motor shogun FD new 110 tidak stabil pada saat di kendarai seperti suara menumbuk benda pada shock depan tersebut mohon infonya ,,,,,,,,

    terima kasih

    BalasHapus