Rabu, 07 Maret 2012

Evolusi SUZUKI SATRIA FU 150 di negeri asalnya

Evolusi SUZUKI SATRIA FU 150 di negeri asalnya

Jika kita kembali mengingat masa lalu, SUZUKI Satria FU 150 masuk ke Indonesia dari Thailand untuk menggantikan SUZUKI SATRIA RU 120 (2tak) yang produksinya di hentikan. Sejak awal peluncuran sampai tahun 2010, SUZUKI SATRIA kurang mendapatkan respon baik dari masyarakat. Kemungkinan besar karena modelnya yang aneh dan tidak seperti motor bebek pada umumnya. Tetapi sejak tahun 2010 sampai sekarang SUZUKI SATRIA menjadi motor SUZUKI yang paling laris di antara tipe motor SUZUKI yang lain. Tapi bagaimanakah sebenarnya evolusi dari SUZUKI SATRIA FU yang berasal dari bebek 110 menjadi bebek hypersport 150 di negeri asalnya Thailand.

Awal evolusi berasal dari bebek SUZUKI yang di beri label SUZUKI FX 110. Motor bebek tulen yang masih berknalpot lurus. Jika dilihat dari dekat mesin mirip banget dengan SUZUKI SMASH (FD110). Untuk bodi tidak pernah di pakai di oleh SUZUKI Indonesia, malah banyak di pakai oleh motor bebek ya berasal dari China alias Mochin. Dan masih memakai dual Shock breaker.

Evolusi kedua, SUZUKI menaikkan kapasitas mesin menjadi 125cc dan bermesin tegak dan di beri label SUZUKI FX 125. Tetapi bodi masih tetap bebek konvensional, tetapi ada perubahan di sektor shockbreaker belakang telah mengaplikasi Monoshock alias shockberaker tunggal. Dan bodi juga di jiplak habis oleh motor China.

Evolusi ketiga, SUZUKI mempertahankan kapasitas mesin tetap 125cc. Tetapi bodi di rombak habis yang semula bebek tulen menjadi ayam jago. SUZUKI Raider 125 itulah namanya, motor ini sempat di import oleh SUZUKI Indonesia bareng dengan SUZUKI RK cool dan SUZUKI FXR 150. Tetapi pada saat itu masyarakat Indonesia kurang menyukai motor dengan model ayam jago alias motor yang memakai shockbeaker depan panjang. Sistem rem juga di Upgrade menjadi double disk brake atau rem cakram depan belakang. Dan di Indonesia Double disk brake Raider 125 di pakai di SUZUKI SATRIA RU 120 yang diameter cakramnya sama depan dan belakang.

Evolusi keempat, Pihak SUZUKI menaikkan kembali kapasitas mesin menjadi 150cc dan di beri nama SUZUKI RAIDER 150. Dan perombakan bodi juga di lakukan, bodi belakang di buat serba meruncing kemungkinan besar agar motor aerodinamis. Perubahan juga di lakukan pada sektor penghenti laju roda. Yang semula cakram depan dan belakang diameternya sama, di buat berbeda. Cakram depan di buat super lebar mencapai 320mm. Dan striping inilah yang di pake SUZUKI Indonsia untuk motor SUZUKI SATRIA FU 150 pertama kali.

Evolusi kelima, pada kali ini perubahan tidaklah signifikan. Perubahan hanya ada pada pentup mesin samping, yang semula mesin terlihat dari samping pada SUZUKI New Raider 150 sudah tidak terlihat lagi. Nah model inilah yang masuk pertamakali ke Indonesia. Untuk SUZUKI Satria FU 150 pertama kali masih import dari Thailand, dengan ciri knalpot made in Thailand dan tanpa elektrik starter.

Nah, sekarang SUZUKI SATRIA 150 telah di produksi di Indonesia, cuma sebagian kecil komponen masih di import dari Thailand. Dan semoga, banjir di Thailand tidak menggangu produksi dari SUZUKI SATRIA FU150,, Amien,,,,,,,,,,,,,

JURUS MAUT HEMAT BENSIN

JURUS MAUT HEMAT BENSIN

1.SETEL KERENGGANGAN BUSI
Kerenggangan busi berpengaruh pada percikan api di ruang bakar.Apabila terlalu rapat bikin api kecil, begitu juga sebaliknya apabila terlalu renggang api jadinya tipis.Akibatnya campuran bensin dan udara tidak terbakar sempurna.Dampaknya tenaga ngempos dan ruang bakar di tumpuki kerak karbon.
Kerenggangan atau gap busi setiap motor berbeda- beda tapi biasanya di standarkan dengan ukuran 0.7 mm

2.PILIH BUSI SESUAI SPESIFIKASI MOTOR
Beli busi jangan sampai salah. Pilih busi sesuai spesifikasi yang dianjurkan pabrik. Apabila salah pilih, kerja motor tidak akan optimal karena temperatur mesin yang dianjurkan pabrik tidak tercapai atau malah berlebih (terlalu panas)
Contoh (maaf bukan promosi)
Busi bebek 4 tak : NGK C 7 HSA atau C 6 HAS
Denso U 22 FS-U atau U 20 FS-U

3.SETEL KERENGGANGAN KATUP / KLEP Penyetelan klep dibutuhkan, karena apabila dibiarkan buka tutup klep jadinya ngawur.Yang akan berakibat tidak lancarnya pasokan campuran bahan bakar dan gas buang.
Kalau klep isap terlalu cepat menutup berakibat campuran bensin dan udara kembali lagi ke karburator. Begitu juga kalau klep buang cepat menutup berakibat gas buang tertinggal di ruang bakar dan akan menggangu proses pembakaran berikutnya.
Menyetel klep jangan terlalu rapat, inginya sih supaya mesin lebih halus suaranya. Tetapi berakibat mesin menjadi panas dan akan terjadi KNOCKING. Biasanya penyetelan klep berkisar untuk klep isap 0,05-0,10 mm dan untuk klep buang 0,08-0,13 mm tergantung tipe motornya.

4.BERSIHKAN FILTER UDARAFilter udara kotor mengakibatkan suplai udara ke ruang bakar terhambat dan mengakibatkan campuran bensin terlalu kaya (Pembakaran tidak sempurna). Akhirnya mbrebet dan boros bensin.
Cara membersihkan filter udara sangatlah gampang dan bisa di lakukan sendiri di rumah. Untuk tipe kertas, tinggal semprot dengan pompa tangan, kalau ingin lebih bersih lagi semprot dengan kompresor. Untuk tipe spon / busa cara membersihkanya dengan mencuci pakai deterjen yang tidak mudah terbakar, setelah itu di olesi sedikit oli untuk menahan masuknya debu.

5.BERSIHKAN KARBURATOR Jantung dari dapur pacu adalah Karburator. Apabila karburator jarang di bersihkan akan berakibat tidak tercapainya kerja mesin ideal biasanya ditandai dengan tariakan berat, sulit langsam, boros dan akhirnya mogok.
Cara membersihkanya : untuk yang satu ini lebih baik di serahkan kepada ahlinya yaitu servis motor anda di jaringan servis resmi SUZUKI (BERESS)

6.PERGUNAKAN CHOKE SEPERLUNYA Kerja cuk adalah mengurangi / menghambat udara masuk ke ruang bakar.Berfunsi sebagai memancing mesin dalam keadaan dingin di pagi hari. Apabila mesin motor sudah dalam keadaan temperature ideal, sesegera mungkin cuk di nonaktifkan (OFF) kembali. Sedikit saja cuk berfungsi berakibat campuran menjadi kaya bensin, Mbrebet, dan Boros bensin

7.SETEL ANGIN- ANGIN KARBURATOR
Sesuaikan sekrup setelan udara di karburator. Jangan sembarangan menyetel angin – angin, apabila meleset !!!! Campuran bahan bakar dan udara akan terlalu kaya atau miskin yang akan mengakibatkan boros bensin.
Untuk urusan ini lebih baik motor anda di bawa ke bengkel resmi SUZUKI BERESS

8.SETEL LANGSAM MOTOR Penytelan dilakukan lewat sekrup penyetelan di karburator. Biasanya langsam mesin motor di kisaran 1.500 rpm, jika terlalu tinggi akan boros bensin dan apabila terlalu rendah akan sering mati pada waktu di traffic light.

9.PERIKSA TEKANAN BANTekanan Ban dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Sebab apabila ban kurang angin, traksi ban akan membesar menggesek aspal. Akibatnya putaran roda berat. Beban mesin akan bertambah. BOROS bensin tentunya. Dan apabila tekanan angin berlebihan akan mempengaruhi pada kesetabilan kendaraan anda.
Sebaiknya tekanan udara ban mengacu pada anjuran / spesifikasi pabrik dan biasanya tertera pada tutup rantai atau pada swing arm motor anda.

10.PERIKSA PAKING KEPALA SILINDER (KOMPRESI BOCOR) Kebocoran paking kepala silinder, berpengaruh besar terhadap kompresi di ruang bakar, yang akan mengakibatkan borosnya bahan baker. Coba cek kompresi biasanya berkisar 9-12 Kg/cm2.
Kebocoran kompresi juga bisa terjadi pada Katup / klep, biasanya klep terganjal kotoran karbon sisa pembakaran tidak sempurna. Solusinya klep harus di Skur terlebih dahulu sampai klep rapat dengan dudukannya dan tidak bocor.
Kebocoran yang paling parah adalah kebocoran yang di akibatkan oleh baretnya dinding silinder atau piston, sehingga harus di OVERSIZE.

11.KNALPOT BOCOR
Kebocoran juga bisa terjadi pada knalpot, terutama knalpot yang memakai sambungan tengah atau pada paking ( gasket ) knalpot yang berada antara kepala silinder dan knalpot.
Mengapa kebocoran knalpot juga berpengaruh dengan borosnya bahan bakar, itu di karenakan pada waktu klep OVERLAPING tidak ada tendangan balik sehingga campuran bahan bakar dan udara terbawa gas buang. Akibatnya tenaga loyo dan boros bensin.

12.PERIKSA KAMPAS KOPLING
Cara mengetahui kampas kopling aus atau tidak, dengan merasakan tenaga motor. Apabila motor sudah teriak keras ( Gas poll) tapi motor tidak melaju itu ciri – ciri kampas kopling telah aus dan harus segera di ganti. Apabila tidak segera di ganti, motor akan boros bensin karena tenaga motor tidak tersalurkan dengan baik oleh kopling.
Dan untuk pemasangan, lebih baik motor anda di bawa ke bengkel resmi SUZUKI (BERESS) karena penggantian kampas kopling agak rumit.

13.GANTI OLI YANG RUTIN
Untuk oli jangan neko – neko deh, sebisa mungkin memakai oli yang direkomendasikan oleh pabrik Seperti : SUZUKI GENUINE OIL atau SUPER SYN OIL. Dan penggantian oli tidak boleh melebihi 2.500 Km, karena akan berdampak pada mesin kendaraan anda. Gejala awal biasanya mesin panas yang berlebihan ( OVERHAT ) disertai mesin terjadi KNOCKING atau ngelitik, akhirnya konsumsi bensin motor menjadi boros.
Mengapa mesin bisa overhat ? itu di karenakan gesekan yang terjadi di dalam mesin menjadi besar. Dan kurang maksimalnya kinerja oli sebagai pendingin mesin.

14.GANTI FILTER OLI YANG RUTIN
Hal ini yang biasanya terlupakan oleh pemilik motor. Penggantian FILTER OIL dilakukan setiap 7.500 – 8.000 Km atau setiap 3x penggantian oli da wajibkan ganti FILTER OLI.
Mengapa harus mengganti filter oli ? Filter oli sebagai media penyaring serbuk – serbuk ( Gram ) besi dan karbon karena keausan logam mesin. Apabila filter oli tidak diganti secara rutin, akan mengakibatkan tersumbatnya
filter dan akan menggangu sirkulasi oli ke jeroan mesin .

15.SETEL VELG YANG OLENGRoda yang oleng atau tidak senter dapat juga menyebabkan borosnya bahan bakar motor anda, karena biasanya roda berputar satu putaran karena oleng jadinya lebih dan roda oleng akan menambah beban kerja mesin motor. Apalagi di tambah ban dalam motor anda banyak tambalannya dan dekat pentil ban, tambah menjadi - jadi deh olengnya.Motor anda geal - geol
jadinya.Untuk masalah ini, bawa saja ke tukang setel velg yang ada di pinggir jalan, mumpung setel velg, sekalian aja dicek apa ban dalam motor anda udah banyak tembelanya atau masih bagus. Kalau banyak tembelanya, sekalian aja di ganti.

Kesimpulan : Rawatlah motor anda dengan rutin di Bengkel Resmi SUZUKI BERESS agar kondisi motor selalu dalam keadaan prima dan yang pasti irit bahan bakar.

APA SIH YANG DI MAKSUD PAIRS DAN CATALYST CONVENTER

APA SIH YANG DI MAKSUD PAIRS DAN CATALYST CONVENTER

PAIR ( Pulsed-secondary AIR-injection System ) biasanya berada di lubang gas buang, dekat klep buang. Alat ini di pakai pada SUZUKI NEW SMASH 110, SUZUKI NEW SHOGUN 125, THUNDER tipe baru dan produk – produk terbaru dari SUZUKI. Cara kerja dari PAIR sendiri adalah menginjeksikan udara murni ke lubang gas buang, agar gas buang tidak terlalu pekat dan mencemari lingkungan. Alat ini sama sekali tidak menggangu kerja mesin, jadi salah besar apabila ada anggapan melepas PAIR akan menambah performa motor. Malah anda akan dianggap tidak mendukung Program LANGIT BIRU yang di canangkan Pemerintah.Dan pemasangan PAIR oleh pabrik SUZUKI mengacu pada peraturan pemerintah Indonesia tentang emisi gas buang sesuai standar EURO II.

CATALYST CONVENTER bekerja sebagai pengurai atau pemecah polutan agar molekul – molekul tidak saling menyatu yang di hasilkan karena pembakaran yang tidak sempurna.Letak dari CATALYST CONVENTER berada di perut knalpot MUFFLER atau SILENCER. CATALYST CONVENTER hanya menyaring gas buang, hasil pembakaran bensin dan udara. Bagaimana dengan timbal / timah hitam ( Pb ) apa juga bisa di saring oleh CATALYST CONVENTER ? jawabanya TIDAK, malah timbal dapat merusak komponen CATALYST CONVENTER. Oleh sebab itu motor yang ada CATALYST CONVENTER-nya mencantumkan di tanki motor Unledad Gasoline Only ( Hanya bensin tanpa timbal ), itu di maksudkan agar CATALYST CONVENTER tidak cepat rusak. Sekarang kita tanya pada penyedia bahan bakar di Indonesia ( PERTAMINA ) apakah sudah siap dengan bensin yang bebas timbal ?. CATALYST CONVENTER terbuat dari tiga lapisan. Pertama baja Stainless, berfungsi sekaligus dudukan. Lapisan kedua aluminium.Lapisan paling atas noble metal ( Platinum, Palladium, dan Rhodium ). Cara kerjanya begini, bensin murni tidak mengandung timah hitam ( Unledad ) mempunyai rumus kimia C8H18. Sedangkan udara murni terdiri dari Oksigen ( O2 ) dan nitrogen ( N2 ). C8H18 + 12,5O2 + 47N2 ( bensin dibakar oleh oksigen dan nitrogen ) apabila pembakaran dari motor anda menghasilkan pembakaran sempurna akan menghasilkan gas buang dengan rumus kimia 8CO2 + 9H2O + 47N2 nah tugas dari CATALIST CONVENTER adalah memecah susunan molekul kimia tadi, agar supaya gas buang yang akan di lepaskan ke udara bebas tidak berbahaya bagi manusia. Pembakaran sempurna tidak akan menghasilkan gas CO yang berbahaya bagi lingkungan, tetapi jangan kuatir CATALIST CONVENTER juga dapat mengkorversi gas CO menjadi Air (H2O), Hidrogen (H2) dan Karbon dioksida (CO2). Sudah dong khan…...!!!!

Fitur dan Tehnologi SUZUKI Indonesia selalu terdepan

Fitur dan Tehnologi SUZUKI Indonesia selalu terdepan

Saat ini seluruh pabrikan motor berlomba - lomba menawarkan fitur canggih dan tehnologi baru pada motor buatannya. Tetapi Fitur dan tehnologi SUZUKI selalu terdepan di bandingkan fitur dan tehnologi pabrikan motor lain. Coba saya ingat - ingat dulu fitur apa saja yang di berikan oleh SUZUKI dan di tiru oleh pabrikan motor tetangga...

1. Kunci kontak dengan penutup pelindung bermagnet.
Fitur ini di pakai pertama kali oleh SUZUKI SHOGUN 125 dan diikuti oleh H***A S*PR* 125 dan sekarang hampir setiap motor memakai fitur ini.

2. Bagasi extra luas atau yang sekarang populer dengan Helm-in.
Fitur ini pertama kali terdapat pada motor matic SUZUKI SKYWAVE 125 dan sekarang di gembar - gemborkan oleh pabrikan tetangga H***A sebagai Helm-in alias helm bisa masuk dalam bagasi.

3. Rem dobel cakram pada motor underbone (bebek).
Fitur atau peranti penghenti laju roda dobel cakram di perkenalkan pertama kali oleh SUZUKI pada motor SUZUKI SATRIA RU 120 (2tak) dan di sempurnakan pada Satria FU 150 dengan cakram depan giga disk. Dan di aplikasi pada bebek biasa pada SUZUKI SHOGUN SP 125 (2005). Dan sekarang menjadi andalan oleh pabrikan H***A yang di pasang pada S*PR* 125.

4. Lampu rem pakai LED.
Komponen ini di aplikasi pertama kali oleh SUZUKI pada SUZUKI NEW SHOGUN 125. Dan sekarang di pakai oleh pabrikan motor tetangga yang berasal dari India.

5. Speedometer pakai sensor pada bebek (tidak pakai gigi pada roda depan).
Speedometer pakai sensor dipakai pertama kali pada SUZUKI FXR dan pada bebek SHOGUN 125. Dan sampai sekarang tetap dipakai pabrikan H*N*D* sebagai andalan

6. Silinder tahan gores.
Tehnologi silinder tahan gores (SCEM) pertama kali di perkenalkan oleh SUZUKI pada motor SUZUKI SATRIA FU 150 dan generasi matic 125cc. Dan sekarang menjadi andalan pabrikan motor Y*M*H* dalam setiap iklan motornya.

Fitur dan tehnologi yang sampai sekarang belum ada yang meniru adalah panel speedometer full LCD pada SUZUKI FXR dan tehnologi DOHC pada bebek yang di pakai SUZUKI SATRIA FU 150. Dan masih banyak lagi fitur dan tehnologi SUZUKI yang selalu terdepan debandingkan kompetitor.....

Fungsi tombol pada Speedometer Satria FU

Fungsi tombol pada Speedometer Satria FU

Pada akhir 2008 SUZUKI Indonesia mengganti tudung/batok lampu SUZUKI SATRIA FU yang mirip dengan motor besar SUZUKI GSX-R 1000. Selain penggantian tudung lampu pihak SUZUKI Indonesia juga melengkapi New Satria Fu 150 dengan tehnologi terbaru yaitu SUZUKI Drive Mode Switch atau di singkat S-DMS yang di tempatkan sebelah kanan speedometer New Satria Fu 150.

Apa fungsi dari perangakat S-DMS tersebut.??

Fungsi dari perangkat S-DMS adalah sebagai lampu indikator pengingat putaran mesin yang telah di setel lebih dahulu. Sedangkan penyetelan hanya dengan menekan tombol mode lebih dari 2 detik. Ada 3 pilihan mode yaitu mode eco, power dan netral. Dengan menekan tombol mode akan merubah mode eco menjadi mode power, apabila tombol ditekan sekali lagi akan merubah mode power menjadi mode netral.

Mode Economic(ECO) : Lampu indikator akan berkedip pada saat putran mesin antara 4.500-5.500rpm dan akan menyala terus pada saat putaran mesin di atas 5.500rpm.
Mode Power(PWR): Lampu indikator akan menyala pada saat putaran mesin mencapai 8.500rpm
Mode Netral(Diam): Lampu indikator tidak akan menyala.
Sebenarnya indikator ini berfungsi sebagai pengingat pengendara tentang batasan putaran mesin. Misalnya : Mode ECO sebagai pengingat bagi pengendara yang menginginkan berkendara secara ekonomis (irit bahan bakar). Mode PWR sebagai pengingat bagi pengendara bahwa pada 8.500rpm adalah puncak tenaga dari motor, lebih dari 8.500rpm hanya memboroskan bahan bakar doang......

SUZUKI NEX motor irit dan kencang....

SUZUKI NEX motor irit dan kencang....

Kemarin SUZUKI NEX telah di launching di kawasan Ancol, Jakarta. Selain motornya stylish, juga irit karena memperoleh pengakuan dari Museum Rekor Indonesia sebagai motor matic paling irit 79,6km/liter. Iritnya konsumsi bahan bakar SUZUKI NEX di tunjang oleh bobot motor yang extra ringan dan sensor Throttle position switch (TPS) yang berada di karburator.

Tetapi dengan iritnya konsumsi bahan bakar SUZUKI tidak menurunkan power dan torsi dari SUZUKI NEX, malah power dan torsi SUZUKI Nex melebihi dari motor matik di kelasnya. Dan saya bisa katakan SUZUKI Nex adalah motor terkencang di bandingkan motor matik yang berkapasitas mesin sama. Mari kita bandingkan dari ketiga motor matik siapa paling kencang dengan rumus : bobot motor di bagi tenaga motor

SUZUKI Nex : 87Kg / 9,4 Ps = 9,25
Y*M*H* M*o : 92Kg / 8,35Ps = 11,01
H*N*A B**T : 89Kg / 8,22Ps = 10,82

Sekarang anda bandingkan 1 Ps pada SUZUKI NEX menarik beban 9,25 kg, pada matik M*O 1 Ps di wajibkan menarik beban 11,01 kg dan 1 Ps pada matik B**T harus menarik beban kendaraan seberat 10,82 kg. Nah jika kita mengabaikan bobot pengendara, motor matik manakan yang lebih kencang..??????

Pasti SUZUKI NEX, karena 1 PS cuma menarik beban seberat 9,25 Kg

Program Diet SUZUKI NEX

Program Diet SUZUKI NEX

SUZUKI NEX di nobatkan sebagai motor matic paling irit di Indonesia. Bagaimanakah langkah - langkah yang di lakukan pihak SUZUKI agar motor SUZUKI NEX bisa irit. Langkah pertama yang di lakukan pihak SUZUKI adalah memperbaiki lubang - lubang pernafasan contohnya : bila lubang masuk pada matic sebelumnya (Spin, Skydrive, Hayate) agak menyerong pada SUZUKI NEX di buat lurus, agar aliran gas baru yang mau masuk ke ruang bakar lebih cepat. Sehingga hal ini membuat posisi rantai kamrat berubah posisi di sebelah kiri dan lubang busi di sebelah kanan, kata "Gusti Johan hidayat" mekanik SUZUKI Jember.

Pada SUZUKI NEX juga di pasangkan Trottle position switch (TPS)yang mengotrol pengapian sesuai bukaan skep di karburator. TPS juga di pasangkan pada Axelo dan Titan. Dan SUZUKI NEX telah menerapkan cuk otomatis seperti pada SUZUKI SKYDRIVE.

Langkah kedua adalah diet ketat yang di lakukan SUZUKI NEX pada komponen - komponen baik mesin, rangka dan bodi. Diet pada mesin adalah Piston SUZUKI NEX lebih ringan dari punya Smash, dan kapasitas oli di sunat habis menjadi 0,65 liter. Pada rangka juga terjadi diet hebat, rangka SUZUKI NEX lebih ringan 1,7 kg dari pendahulunya SUZUKI SPIN. Di sektor roda juga demikian, roda SUZUKI NEX cuma di buat palang tiga dan berongga di bagian tengahnya tetapi tidak mengurangi kekuatan dari roda itu sendiri. Dan untuk ketebalan bodi yang terbuat dari plastik dibuat bervariasi, pada posisi yang memerlukan bodi berbahan tebal di buat tebal begitu juga sebaliknya.

Meskipun SUZUKI NEX terkena diet ketat untuk pengurangan bobot kendaraan, tetapi tidak menurunkan kwalitas dari motor itu sendiri.

SUZUKI pelopor Matik yang memakai silinder tahan gores

SUZUKI pelopor Matik yang memakai silinder tahan gores

Akhir - akhir ini matik baru buatan kompetitor SUZUKI mengembar - gemborkan memakai silinder tahan gores. Padahal Matik pertama SUZUKI yaitu SUZUKI SPIN 125 telah mengaplikasi silinder tahan gores. Silinder tahan gores pada motor SUZUKI di beri nama SCEM singkatan dari Suzuki Composite Electrochemical Material, berarti SUZUKI lah pelopor matik yang memakai silinder tahan gores. Dan perlu di ketahui, semua matik SUZUKI telah mengaplikasi tehnologi SCEM.

Keunggulan dari SCEM adalah karena bahan silinder terbuat dari almunium sehingga lebih mudah melepaskan panas dan lebih ringan di bandingkan dengan liner silinder yang terbuat dari besi.Dan keunggulan - keunggulan SCEM lainnya klik aja disini!!!!

Harga suku cadang motor bebek SUZUKI Indonesia

Harga suku cadang motor bebek SUZUKI Indonesia

Hari ini saya di ribetkan dengan pertanyaan - pertanyaan masalah spare part SUZUKI. Saya suruh langsung klik link spart part SUZUKI tidak mau. Okey-lah saya yang mengalah, ini daftar harga spare part motor bebek SUZUKI yang saya ambil lewat EzParts SUZUKI online. Sparepart yang saya tampilkan adalah suku cadang yang sering ditanyakan lewat email kontak kami, daftar harga Spare part yang saya tampilkan adalah milik SHOGUN FD 125, new Shogun 125, new Smash 110, Smash Titan Fw115 dan Satria FU 150 harga per postingan ini di tayangkan...!!!!!!

SHOGUN FD 125
Silinder Rp 241.000,-
Silinder Head Rp 469.200,-
Noken-as Rp 355.300,-
Temlar/rocker-arm Rp 52.000,-
Klep Masuk / intake valve Rp 35.900,-
Klep buang / exhaust Rp 52.900,-
Kampas kopling Rp 54.900,-

New Shogun FL 125
Silinder Rp 270.000,-
Silinder Head Rp 437.500,-
Noken-as Rp 170.000,-
Temlar/rocker-arm Rp 48.500,-
Klep Masuk / intake valve Rp 35.900,-
Klep buang / exhaust Rp 52.900,-
Kampas kopling Rp 26.400,-

New Smash FK 110
Silinder Rp N/A,-
Silinder Head Rp 333.900,-
Noken-as Rp 207.400,-
Temlar/rocker-arm Rp 52.000,-
Klep Masuk / intake valve Rp 35.900,-
Klep buang / exhaust Rp 52.900,-
Kampas kopling Rp 26.400,-

Smash Titan FW 115
Silinder Rp 177.000,-
Silinder Head Rp 333.000,-
Noken-as Rp 160.000,-
Temlar/rocker-arm Rp ,-
Klep Masuk / intake valve Rp ,-
Klep buang / exhaust Rp ,-
Kampas kopling Rp 25.600,-

Satria FU 150
Silinder Rp 1.469.100,-
Silinder Head Rp 1.878.600,-
Noken-as Intake Rp 219.000,-
Noken-as Exhaust Rp 394.000,-
Klep Masuk / intake valve Rp 97.700,-
Klep buang / exhaust Rp 159.600,-
Kampas kopling Rp ,-

Kata siapa Suku Cadang SUZUKI Mahal ?

Kata siapa Suku Cadang SUZUKI Mahal ?

Kebanyakan masyarakat Indonesia menilai/beranggapan suku cadang ASLI SUZUKI Mahal harganya. Memang kita akui sebelum generasi SUZUKI SMASH keluar, suku cadang asli SUZUKI mahal harganya, karena di Import langsung dari Jepang dan tidak ada SUKU CADANG Kwalitas no.2 (KW2) atau ASPAL. Sedangkan suku cadang motor merk lain sejak awal sudah di produksi di Indonesia. Tetapi setelah generasi SUZUKI SHOGUN 110 digantikan generasi SUZUKI SMASH110 dan SUZUKI SHOGUN 125 di launching (diluncurkan) ke pasaran, harga SPARE PART (suku cadang) ASLI SUZUKI sudah sangat terjangkau.Bahkan harganya jauh lebih murah dari spare part motor merk lain, karena telah di produksi di Indonesia, tetapi tidak mengurangi kwalitas dari spare part itu sendiri.Karena sudah melalui kontrol yang sangat ketat dan di awasi oleh ahli-ahli dari jepang. Kalau tidak percaya silahkan anda buktikan sendiri. Bagi yang berlangganan Tabloid MOTOR PLUS bisa lihat di artikel belanja minggu ini(posting ini belum selesai kami masih dalam pengumpulan data)

Harga Suku Cadang SUZUKI NEX lebih murah di banding kompetitor

Harga Suku Cadang SUZUKI NEX lebih murah di banding kompetitor

Di masyarakat Indonesia Spare Part atau Suku Cadang SUZUKI terkenal Mahal. Seperti yang saya ulas pada artikel saya terdahulu yang berjudul "Kata siapa suku cadang SUZUKI mahal", suku cadang motor SUZUKI sekarang lebih terjangkau dan hampir bisa di katakan lebih murah jika di bandingkan dengan suku cadang motor buatan pabrikan tetangga. Tetapi dengan murahnya suku c`dang tidak menurunkan kwalitas dari spare part motor SUZUKI yang terkenal awet.

Bulan Desember 2011 kemarin SUZUKI mengeluarkan motor matic terbaru di kelas 110cc, dengan berbagai keunggulan SUZUKI NEX yang mempunyai mesin sempurna. Tetapi dengan keunggulan dan kesempurnaan dari SUZUKI NEX tidak membuat harga jual SUZUKI NEX dan Suku Cadangnya menjadi mahal, justru dari 61 suku cadang yang tertera pada tabel di bawah ini hampir separuhnya (25) lebih murah suku cadang SUZUKI NEX dibandingkan kedua kompetitor, tidak percaya,..... Silahkan di pelototi tabel di bawah ini.!!!!!!!!!!






SUZUKI NEX lebih sempurna di bandingkan kompetitor

SUZUKI NEX lebih sempurna di bandingkan kompetitor

Sebulan sudah SUZUKI NEX di luncurkan, banyak komentar dari pencinta SUZUKI dan masyarakat bahwa SUZUKI NEX mengekor dari motor matic kompetitor yang lebih dulu meluncur di Indonesia. Tetapi saya tidak setuju dengan komentar dan pendapat tersebut, karena SUZUKI NEX menurut saya lebih sempurna dari motor matic keluaran kompetitor.

Selain keunggulan - keunggulan SUZUKI NEX yang pernah saya tuliskan sebelum SUZUKI NEX di launching. Sekarang akan saya bahas keunggulan lainnya, karena saya tidak terima jika SUZUKI NEX di katakan menjiplak motor matic kompetitor. Keunggulan yang pertama SUZUKI NEX memakai 2 filter oli yang pertama filter yang terbuat dari kawat kasa dan filter yang kedua terbuat dari elemen kertas. Jadi penyaringan pelumas pada SUZUKI NEX lebih bagus.

Keunggulan kedua Kampas sentrifugal SUZUKI NEX lebih panjang mencapai 45mm, malah lebih panjang dari motor matic keluaran SUZUKI sebelumnya. Sehingga daya cengkram kampas lebih kuat dan tidak ada efek selip meskipun di geber pada rpm tinggi.

Keunggulan ketiga adalah pada komponen elektrik starter. Pada SUZUKI NEX motor stater langsung memakai gir otomatis seperti pada stater mobil atau biasa di sebut stater bendik. Memang aplikasi komponen stater ini sama dengan motor matic buatan pabrikan tetangga. Tetapi elektrik stater SUZUKI NEX jauh lebih sempurna dan tidak menimbulkan bunyi keras (Ceklak) seperti motor mau rusak. Karena ada plat peredamnya, sehingga elektrik stater SUZUKI NEX nyaris tak terdengar......

Ayo sopo sing ngomong jiplak, tak jitak endas'se

Keunggulan SUZUKI NEX di bandingkan Kompetitor

Keunggulan SUZUKI NEX di bandingkan Kompetitor


SUZUKI Nex 110 akhir - akhir ini selalu menjadi pembicaraan di kalangan maniak SUZUKI. Nah apa sih kelebihan atau keunggulan dari SUZUKI Nex 110 di bandingkan dua kompetitor yang sama - sama bermain di matik kelas bawah. Untuk etika penulisan kedua kompetitor aku kasih kode B dan M.

Suzuki Nex 110 dengan kekuatan mesin 1 silinder SOHC, 113cc dengan konfigurasi diameter piston 51,6 mm dan stroke 55,2 mm. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 9.38 PS pada 8800 rpm. Sedang matik B cuma 8.22 PS, dan Matik M 8.35 PS.

Suzuki Nex 110 juga unggul pada torsi yang mencapai 8.7 Nm di 6500 rpm. Melebihi Matik B yang hanya 7.84 Nm dan Matik M dengan 7.84 Nm. Itu baru keunggulan kedua.

Keunggulan ketiga yaitu pada bobot kendaraan, bobot Suzuki Nex cuma 87 kg, sedang Matik B 89 kg dan Matik M mencapai dan 92 kg. Ingat artikelku dahulu yang berjudul Bobot ringan + Tenaga besar = Motor kencang.

Keunggulan keempat yaitu dari segi komsumsi bahan bakar SUZUKI Nex 110 mampu mencapai jarak 52 km/liter. Sedangkan Matik B hanya 45 km/liter dan Matik M cuma 40 km/liter bahkan kurang.

Keunggulan kelima, Bagasi SUZUKI Nex 110 lebih besar dari kedua kompetitor. Bagasi di bawah jok SUZUKI Nex 4,5 liter. Sedangkan matik B hanya 2,6 liter dan Matik M 3,8 liter.

Ayo pilih Matik mana kalo sudah tahu keunggulannya........

SUZUKI NEX mematahkan pendapat di masyarakat

SUZUKI NEX mematahkan pendapat di masyarakat

Setelah beberapa waktu lalu juragan taufik dari TMCblog.com mencoba SUZUKI NEX dengan cara berkendara ekonomis (econo riding). Yaitu berkendara dengan kecepatan rata - rata 60km/jam dengan berat pengendara 58kg. SUZUKI NEX mehasil menorehkan angka 80km/liter sedangkan rute yang di pakai adalah Bogor-Jakarta.

SUZUKI NEX telah mematahkan pendapat di masyarakat yang berpendapat :

1. Motor matic lebih boros dari motor bebek (underbone), ternyata dalam uji coba yang dilakukan juragan taufik bersama SUZUKI NEX. Terbukti SUZUKI NEX (matic)lebih irit dari motor bebek.

2. Motor injeksi lebih irit dari motor ber-karburator, ternyata dalam uji coba yang dilakukan juragan taufik bersama SUZUKI NEX. SUZUKI NEX (tipe karburator) lebit irit dari motor matic injeksi terbaru pabrikan tetangga M*o-* yang cuma berhasil menorehkan angka paling irit 63km/liter.

Tetapi saya tidak menyalahkan pendapat masyarakat yang menganggap motor matic itu boros, tetapi jangan kita menghakimi semua motor matic boros buktinya SUZUKI NEX (tipe karburator) tembus di angka 80km/liter. Mungkin motor matic buatan pabrikan tetangga yang boros, matic SUZUKI ya iritlah.....

Dan saya juga membenarkan anggapan jika motor sistem injeksi lebih irit dari motor ber-karburator. Karena pasokan bahan bakar di atur dengan tepat oleh injektor. Jika SUZUKI NEX (tipe karburator) berhasil mengalahkan motor matic injeksi terbaru pabrikan tetangga M*o-* yang cuma berhasil menorehkan angka paling irit 63km/liter. Malah kabar yang saya dengar mesin SUZUKI Nex yang di pasangi injeksi tembus 109,8km/liter. Memang hebat SUZUKI NEX....

SUZUKI MASIH YANG TERBAIK...........